Laman

Friday, June 7, 2013

PENTINGYA PAYMENT PROCESSOR DALAM BISNIS INTERNET



Perkembangan internet saat ini sangat pesat. Jumlah pengguna internet pun semakin meningkat setiap hari. Orang yang belum paham internet pun akan mencoba untuk bermain internet. Pokoknya mau coba lihat internet itu seperti apa.
Ternyata salah satu fungsi internet itu adalah juga untuk fungsi bisnis. Seorang pengusaha dapat mengenalkan perusahaannya dan layanannya kepada calon pelangan melalui internet. Misalnya tuan A mempromosikan mobilnya kepada pelanggan melalui salah satu website misalnya kaskus dan bila ada peminat yang mau membeli mobilnya maka pelanggan tersebut dapat melakukan order melalui internet dan kemudian mentransfer sejumlah uang untuk transaksi. Transfer dilakukan melalui rekening bank tuan A atau rekening yang ditunjuk.

Dalam perkembangan juga terjadi bahwa pengelolaan bisnis dilakukan secara online, maka kita kenal yang namanya arisan online, investment online. Tentang binis online ini, bila anda membaca di internet sangat banyak baik dari yang  berbahasa asing maupun bahasa Indonesia.

Bisnis online ini pun menggunakan rekening bank untuk transaksi. Kalau bisnis online yang  di Indonesia, maka umumnya menggunakan bank lokal, namun yang dari luar negeri (berbahasa asing) bagaimana? Juga bisa menggunakan bank lokal, tansfernya dilakukan transfer antar bank di Indonesia ke bank asing yang ditunjuk biasanya dinamakan wite transfer. Selain itu, dan ini yang paling banyak digunakan saat ini yakni menggunakan electonic payment processor, prosesor pembayaran elektronik. Dengan ini transaksi sebenarnya dilakukan secara virtual atau maya. Dalam hal ini maka seorang pebisnis perlu memiliki rekening online virtual.


Lalu apa yang dimaksud dengan online payment processor itu sendiri? Yaitu sarana untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi secara online. 
Anda menyimpan uang di salah satu website payment processor melalui perantara Rekening bank fisik terdekat anda, dan uang yang terkumpul disana bisa anda tarik atau anda lakukan pembayaran secara online. Biasanya payment processor ini juga dimanfaatkan mereka para pengelola website untuk mengelola komisi yang masuk dari orang yang memasang iklan di websitenya. Pada umumnya saldo anda di akun payment processor ditulis dalam nominal dollar (USD) atau Euro (EUR) sehingga bagi pemilik rekening luar negeri diperlukan exchanger atau money changer online untuk melakukan penarikan maupun penyetoran.

Fungsi dari Payment Prosessor yaitu :
  • Sebagai Alat pembayaran Internet Baik untuk Deposit atau Withdraw ( penarikan )
  • Sebagai Alat Transaksi pada Dunia Online
  • Memudahkan transaksi para pebisnis online yg notabene nya dari berbagai penjuru Dunia
Maka Di butuhkan 2 persyaratan, yaitu :
  • Memiliki Rekening Bank Lokal ( Biasanya BCA, Mandiri, BRI, CIMB NIAGA & BNI ) Adalah untuk transaksi kepada para Ex-changer ( Jasa Jual Beli Balance Payment Prosessor ).
  • Memiliki Rekening Online / Payment Prosessor. Setelah mendaftar & mempunyai akun PP, maka langkah selanjut nya adalah mengisi Balance dari PP tsb ( Bisa ke jasa Ex-changer Lokal ), untuk bisa ber-transaksi pada bisnis online yg Berbayar, jika mengikuti Bisnis Online gratis, maka tak perlu disi balance nya, hanya cukup memiliki akun saja & sebagai alat pembayaran & penarikan/ Withdraw.

BERIKUT INI BEBERAPA ELECTRONIC PROCESSOR YANG UMUM

PERFECT MONEY

Perfect Money mulai populer di terima sejak tahun 2009 dan berkantor di Panama. Selain biaya transaksi kecil ada sedikit kelebihan dibanding ecurrency yg lain, yaitu dana Anda yg tersimpan di Perfect Money akan diberi bunga(4%/tahun).
Walau masih kalah populer dibanding LR dan webMoney, Perfect money mulai dilirik oleh Pebisnis Online Indonesia, itu bisa dilihat dengan semakin banyak changer Indonesia yg menawarkan Perfect Money 


 PAYZA

Berdiri sejak 2004 di Kanada & Memiliki kantor pula di India. Sebagai E-Currency AlertPay terus berkembang dan mendapat tempat di pengguna internet di seluruh dunia. Memiliki pemakai di hampir 190 Negara, 22 jenis mata uang, dan lokal bank di 44 negara (sayangnya di Indonesia masih belum tercover).
Sebagai institusi penyedia jasa keuangan AlertPay Bernaung dibawah regulasi:
Transactions and Reports Analysis Centre of Canada (FINTRAC/Kanda), (FinCEN), (FSA/Swedian).
Jadi tentunya memiliki kredibilitas yg baik.
  • Jenis: eCurrency & Card
  • Proses: Deposit = Instan, Penarikan=1-2 hari kerja
  • Biaya:0-3%





(Bersambung ke tulisan berikut)

Stefan Sikone